Senin, 18 Mei 2015

Sport News : PERSIAPAN TIMNAS SEPAK TAKRAW MENUJU SEA GAMES 2015

Standard



  



            JAKARTA – SENIN Sebagai salah satu cabang olahraga, kini Sepak Takraw sudah resmi dan telah di ikut sertakan dalam ajang terbesar olahraga se Asia Tenggara. Sebagai salah satu pesertanya Indonesia, juga mengirimkan putra-putri terbaik yang dimiliki dalam cabang Sepak Takraw ini menuju Sea Games ke 28 di Singapura nanti. Menjelang Sea Games ke-28 yang di selenggarakan di Singapura, Kontingen Tim Nasional Sepak Takraw kini melakukan persiapan menjelang Sea Games 2015. Ini dilakukan karena PSTI (Persatuan Sepak Takraw Indonesia) sebagai lembaga atau asosasi tertinggi sepak takraw yang berada di Indonesia tidak main-main dan sangat bersungguh-sungguh  mencanangkan membawa pulang mendali emas sebagai prioritas utama di dalam ajang bergengsi yaitu Sea Games di Singapura.

  Di dalam persiapannya yang kurang dari 3 (tiga) bulan lagi kontingen sepak takraw melakukan berbagai persiapan agar mereka bisa mencapai target yang telah dicanangkan oleh pelatih dan juga semua orang yang terdapat di dalam kontingen tersebut. Porsi  jam latihan pun di tambah agar stamina dan skill atau kemampuan dari semua pemain dapat bertambah sesuai dengan keinginan team pelatih, Di dalam selah-selah latihannya yang bertempat di Gelanggang Olahraga (GOR) pemuda cibubur, Jakarta Timur. Kapten sepak takraw Indonesia Victoria Eka Prastyo, mengatakan bahwa dia dan kawan-kawan akan berupaya sekuat tenaga agar bisa memberikan yang terbaik bagi kontingen Indonesia nanti dengan cara meraih emas pada cabang sepakbola takraw ini. Tyo nama panggilan akrab dari kapten tersebut juga menambahkan bahwa dia dan team juga di berikan porsi latihan khusus yang di lakukan oleh team kepelatihan, dimana latihan tersebut di maksudkan untuk menambah skill kami agar bisa lebih berbicara banyak di Sea Games nanti. Pelatih lebih menggojlok kami di skill atau kemampuan individu dalam hal servis dan juga smash. Karena menurut pelatih kepala tim nasional sepak takraw mengungkapkan bahwa terdapat titik kelemahan pada skill individu dalam hal servis dan juga smash, hal ini wajib di lakukan penanggulangannya dengan cara melakukan latihan yang intensif seperti dari latihan fisiknya, latihan skill atau kemampuannya, sampai latihan kerjasama timnya. Selain itu pelatih kepala tim nasional sepak takraw juga merencanakan formasi-formasi permainan untuk Sea Games nanti. Walaupun terlihat letih dalam sela-sela latihan pada hari itu, Tyo dengan panggilan akrabnya dengan notabennya sebagai kapten tim nasional sepak takraw mengungkapkan bahwa dia sangat antusias dan juga sangat bersemangat dalam menghadapi Sea Games nanti karena  dia yakin bahwa tahun ini kontingen sepak takraw akan meraih mendali emas di ajang tersebut.

            Bukannya meremehkan negara lain, bahkan Tyo saja sendiri berujar bahwa ada salah satu negara yang menurutnya akan sulit dihadapi nanti. Yaitu negara yang sudah berlangganan membawa atau meraih mendali emas di setiap ajang yang paling bergengsi yaitu Sea Games. Thailand itu lah negara yang menurut dari kapten sepak takraw ini akan sangat sulit di hadapi, bukan tanpa alasan Tyo berujar seperti itu. Jika dilihat dari rekam jejak atau track record dimana pada tahun 2011 kemarin Thailand menggondol 4 emas dari 6 kategori yang dipertandingkan pada cabang sepak takraw tesebut, lalu pada tahun berikutnya yaitu 2012 thailand juga masih merajai sepak takraw asia tenggara dengan membawa pulang 5 dari 6 kategori yang ada di cabang sepak takraw dan juga skill atau kemampuan individu para pemain thailand sendiri yang cakap dan cukup tangguh untuk negara-negara lain  dalam memaikan bola yang berdiameter kecil tersebut, tapi menurut sang kapten semangat juang para pemain saat ini sangat luar biasa dan juga siap menghadapi siapapun lawannya.
Walaupun porsi jam latihan yang di berikan oleh team pelatih di tambah, para pemain sepak takraw ini tidak terlihat kelelahan ataupun terlihat lesu, wajah para pejuang dan semangat yang terpancar jelas terlihat dari wajah masing-masing pemain saat ini, jika di lihat mereka memiliki jadwal latihan yang sangat ketat, dalam seminggu mereka hanya memiliki jatah libur satu hari untuk bebas melakukan kegiatan mereka tanpa di ganggu oleh latihan dan semua hal yang berbau persiapan Sea Games nanti.

Aura serta semangat juang kepercayaan yang tinggi di tunjukkan kepada para pemain dan juga team pelatih yang di pilih oleh pelatih kepala sepak takraw juga sangat terlihat ketika memberikan instruksi di dalam strategi serta formasi-formasi dalam permainan dan juga hujan dorongan semangat atau motivasi kepada para pemain di tengah-tengah latihan yang sedang di jalankan saat itu. Hal tersebut di lakukan agar para pemain-pemain dapat meningkatkan dan mempertahankan semangat juang yang di tanamkan di dalam jiwa-jiwa pemuda-pemuda bangsa agar nantinya dalam penyelenggaraan akbar bergengsi yaitu Sea Games mereka mampu membawa mendali emas pulang ke tanah air tercinta Indonesia.

Sesuai memberikan porsi latihan pelatih kepala tim nasioanal sepak takraw Indonesia yang berhasil saya wawancarai mengatakan bahwa persiapan yang kurang dari 3 (tiga) bulan ini sudah lebih dari cukup untuk dia dan para team pelatih mencari dan memberikan metode latihan yang cocok untuk masing-masing individu yang ada saat ini, dengan senyum yang penuh dengan makna dan tawa yang terlihat lepas dan sedikit bercanda pelatih kepala yang bernama Gus Hendri, mengatakan bahwa untuk saat ini porsi latihan yang saya berikan kepada anak-anak dalam kurun waktu seminggu memang saya tambahkan dari pada sebelumnya, mulai hari ini saya memberikan porsi latihan yang cukup intensif yaitu 6 (enam) kali latihan dalam satu minggu, saya menamabah kan 2 hari dari latihan yang sebelumnya di dapatkan oleh anak-anak sebelum mengikuti pemusatan pelatnas (pelatihan nasional)  ini dilakukan. Pelatih juga menambahkan list list atau daftar-daftar latihan yang ada, karena beliau menilai masih terdapat kekurangan yang harus ditambal kepada tim ini. Bukannya tanpa cacat atau kekurangan, karena hal tersebut lah pelatih menambahkan list list atau daftar-daftar latihan kepada semua anak asuhnya agar benar-benar siap dalam hal mental, fisik, maupun materi untuk menghadapi Sea Games nanti.

Adapun list list atau daftar-daftar latihan yang porsinya di tambah oleh pelatih kepala setelah banyak berdiskusi dengan team kepelatihan adalah sebagai berikut: latihan fisik, dimana pelatih fisik tim nasional sepak takraw indonesia mengingikan para pemain bukan hanya siap dalam materi baik secara individu-individu maupun kerjasama team, tetapi fisik juga harus menentukan. Pelatih fisik itu mengungkapkan bahwa “ anak-anak harus membutuhkan porsi latihan fisik yang intesif karena hal tersebut sangat di butuhkan untuk menjaga stamina serta kondisi fisik yang benar-benar prima agar saat Sea Games nanti mereka sudah benar-benar siap dalam kondisi fisiknya yang prima”. Pelatih kepala juga tidak mau para pemian hanya siap dan kuat pada saat 10 (sepuluh) menit di babak pertama tapi harus mempunyai fisik dan stamina yang lebih dari 10 (sepuluh) menit awal babak pertama.

Memilih berbagai racikan formasi. Menurut penuturan kepala pelatih, beliau juga masih mencari formasi yang pas untuk menghadapi semua lawan yang ada di Sea Games nanti, siapa saja yang di turunkan, bagaimana para pemain yang di lapangan bertindak selayaknya instruksi pelatih di samping lapangan nanti. Tidak di pungkiri pelatih kepala sepak takraw juga berbicara bahwa ketika para pemain sudah berada dan sedang bermain di lapangan, instruksi yang di arahkan oleh pelatih terkadang tidak di dengar sama sekali tapi dia memiliki keyakinan bahwa jika di awal pelatih sudah memberikan instruksi seperti apa dan bagaimana para pemain bermain nanti, tidak mungkin teamnya akan mendapatkan hasil maksimal dan di inginkan seperti selayaknya yang di rencakanan sebelum Sea Games dimulai.

Meningkatkan skills atau kemampuan-kemampuan  individu yang di miliki para pemain. latihan terakhir yang porsi latihannya ditambah adalah kematangan skill individu setiap pemain, “kami memiliki banyak pemain dengan skill atau kemampuan individu yang cakap dan mempuni dalam mengolah bola takraw tersebut, tapi saya dan team kepelatihan menginginkan lebih, agar mereka tetap bisa bersaing walaupun bertemu dengan lawan yang berat sekalipun seperti Thailand dan Singapura yang notabennya sebagai tuan rumah di Sea Games tahun ini” ujar gus hendri yang menjabat sebagai pelatih kepala tim nasional sepak bola takraw Indonesia. Ketiga latihan tersebut di tambah jam latihannya agar Gus Hendri benar - benar yakin bahwa mereka siap menghadapi Sea Games ke-28 nanti di Singapura.

Gus Hendri sebagai pelatih kepala tim nasional sepak takraw mengungkapkan bahwa “ saya sangat amat berharap kepada anak-anak agar mereka mampu menerapkan apa yang telah saya berikan kepada mereka”. Dan nantinya saat ajang pegelaran paling bergengsi se Asia Tenggara yaitu Sea Games 2015 yang diselenggarakan di Singapura, mereka semua mampu menerapkan apa yang telah di berikan oleh pelatih kepala tim nasional Indonesia seperti jenis-jenis latihan yang sudah di berikan kepada mereka semua.

Pelatih kepala Tim nasional sepak takwar, Gus Hendri mengungkapkan bahwa keberangkatan atlet-atlet kontingen Indonesia akan berangkat menuju Singapura pada tanggal 21 Mei 2015 pada pukul 8 (delapan) pagi. Pada pukul 8 (delapan) pagi mereka harus tiba di Bandara Internasional Soekarno-hatta, Cengkareng, Tangerang. Setelah mereka tiba di Singapura, mereka akan segera mendatangi lapangan sepak takraw di sana, “mereka perlu melakukan berbagai macam latihan serta adaptasi terhadap lapangan sepak takraw di sana, agar mereka mampu membaca situasi lapangannya” ujar Gus Hendri sebagai pelatih tim nasional sepak takraw.

Gus Hendri selaku pelatih tim nasional sepak takraw berharap kepada atlet-atlet Indonesia agar memenangkan setiap pertandingan - pertandingan melawan negara- negara lain, terutama melawan negara terberat yaitu Thailand. Gus Hendri beserta atlet-atlet tim nasional Sepak Takraw juga berharap kepada rakyat Indonesia untuk membantu memberikan doa serta dukungan kepada atlet-atlet tim nasional sepak takraw agar mampu membawa pulang mendali emas dalam bidang olahraga sepak takraw ke tanah air Indonesia. Victoria Eka Prasetyo sebagai kapten Tim Nasional sepak takraw mengungkapkan bahwa “ kita sebagai atlet Indonesia akan berusaha semaksimal mungkin berjuang untuk mendapatkan mendali emas untuk Indonesia” begitu ujarnya.

1 komentar:

  1. MAJUTOTO
    Silahkan datang dan daftarkan diri anda sekarang juga..
    hanya di sini JP berapapun di bayar.
    discount 29%/59%/66%
    Banyak Promo Menanti Anda!
    * Minimal deposit 50.000 dapatkan bonus sampai dengan 100.000
    * Bonus Next Deposit 5%
    WA : +6282272437922
    LINE : @majutoto
    LINK ALTERNATIF : Jerukpurut.com

    BalasHapus